Merantau di Vancouver

Screen shot 2014-11-26 at 2.27.07 PM

Hera Yunitria is a first-time mom who just giving birth on August 2014. Now she’s balancing her time for being a mother and a working mom.

 Bisa dibilang saya cukup beruntung, karena sesampainya di Vancouver pada tahun 2011 lalu, saya memiliki keluarga dan sanak saudara yang sudah hidup lebih lama di sini. Jadi tidak terlalu kerepotan ketika harus mencari tempat tinggal. Seiring bertambahnya pengalaman setelah hidup disini selama beberapa tahun serta kesibukan saya menjadi ibu sekarang, semakin bertambah juga referensi saya dalam beberapa info mendasar yang saya rasa bisa membantu mama dan keluarga jika ingin merantau ke Vancouver.

Vancouver Skyline

Mencari Tempat Tinggal

Craiglist.com. Seperti layaknya di Amerika Serikat, mencari tempat tinggal melalui craiglist.com sangatlah populer di Canada, tetapi harus lebih teliti. Anda harus menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat yang anda pilih satu per satu, supaya lebih terjamin keamanan dan kualitasnya. Atau lebih mudahnya, mama juga bisa tanya-tanya di komunitas orang Indonesia yaitu : Permai BC https://www.facebook.com/groups/permaibc/

vancou

Belakangan ini banyak orang yang lebih memilih tinggal dipinggir kota seperti di Coquitlam (where I live, 30-45 mins from Downtown). Sekolah disekitar sini ada SFU, Douglass College, dan Coquitlam College. Buat new family I would suggest Coquitlam, karena tinggal di gunung, pemandangannya indah! Masih asri, bisa ketemu coyote, bear, dan squirrel! Daerah ‘terjangkau’ lainnya adalah Surrey, letaknya sekitar sejam dari downtown.

Transportasi

Translink adalah satu-satunya transportasi umum di sini, yang menurut saya cukup nyaman. Sebelum melakukan perjalanan, Anda bisa melihat jadwal bus atau skytrain di Website dan membeli tiket bulanan (monthly fare) mulai dari $91 – $170 tergantung zone-nya (yang ditentukan oleh jarak perjalanan). Vancouver sendiri dibagi dalam 3 zone:

Fare Zone Map

Supermarket Asia

  • T&T ada dimana-mana, dan anda bisa membeli berbagai macam groceries mulai dari sayuran segar, bumbu-bumbu masakan asia (korea, jepang, bumbu hotpot cina :p), snack snack import asia (filipin, singapore, malay, indo), pokoknya lengkap! Lihat lokasinya disini. 
  • Hen Long di daerah Surrey. Ada sayur segar, kerupuk ikan, dan bumbu-bumbu masak khas indonesia disini!

Rekomendasi Restoran Cita Rasa Indonesia

  • Khusus restoran Indonesia sayangnya belum ada, tapi ada restoran Singapore-Malay yang citarasanya lumayan mirip dengan masakan Indonesia, yaitu Banana Leaf.
  • Kedah House, salah satu pilihan yang enak karena format restoran Malaysia ini adalah ‘all you can eat’. Anda hanya perlu bayar $10.00!

Mudah-mudahan cukup membantu. Sampai jumpa di Vancouver! 🙂

Advertisements

3 thoughts on “Merantau di Vancouver

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s