Yang Sering Ditanyakan

Tentang mamarantau

Apa itu mamarantau?

Mamarantau berasal dari kata mama  dan merantau, yakni sebutan bagi mama yang sedang merantau yang dalam hal ini adalah merantau di luar negeri bersama keluarga.

Adapun situs mamarantau diperuntukkan untuk memberikan informasi, cerita, dan inspirasi dari Ibu di perantauan bagi teman-teman di Indonesia mau pun yang sedang sama-sama merantau. Situs ini kami sebut sebagai “voluntarily collaborative project”, karena sifatnya adalah sukarela dan diusung dengan semangat kolaborasi.

Menjadi Kontributor

Siapa saja yang boleh yang menjadi kontributor untuk Mamarantau?

Sejauh ini yang bisa menjadi kontributor adalah seorang wanita (maaf ya paparantau), yang sedang hidup di perantauan minimal selama 4 bulan.

Saya belum menjadi Ibu, tapi saat ini tinggal merantau bersama suami dan memiliki banyak info yang akan bermanfaat bagi para calon mamarantau. Boleh kah saya menjadi kontributor?

Tentu boleh..! Kami percaya bahwa setiap wanita adalah “Ibu” by default. Kontak kami ya..!

Apakah mamarantau.com mencari kontributor tetap?

Kami dengan senang hati menerima setiap mamarantau yang ingin bergabung menjadi kontributor tetap..! Tidak ada syarat tertentu harus posting berapa artikel dalam kurun waktu tertentu, dan tidak ada deadline untuk apa pun. Karena kami paham bagaimana kesibukan mamarantau dalam keseharian dengan anak, rumahtangga, dan aktualisasi diri.

Apa yang bisa saya lakukan sebagai kontributor tetap?

  • Mencari dan menginterview mamarantau lainnya, mengedit dan mem-posting artikel.
  • Mencari topik yang menarik dan dikuasai untuk diceritakan (topik lepas tentang kota yang Ibu tinggali)
  • Meliput suatu kegiatan orang Indonesia atau festival-festival khas di kota yang Ibu tempati.
  • Memberi rekomendasi siapa-siapa saja mamarantau yang kira-kira tertarik (dan menarik) untuk di-feature.

Metode Interview

Saya tertarik untuk diwawancara bagaimana sih metode interviewnya?

Sejauh ini kami menggunakan email untuk berkorespondensi dengan narasumber kami. Semua pertanyaan kami rangkum dalam bentuk dokumen .docx. Pertanyaan untuk setiap mamarantau kami sesuaikan dengan kondisi tiap-tiap mamarantau, agar bisa menonjolkan potensi setiap mamarantau dan topik yang dikuasai dengan baik untuk diceritakan. Terkadang pertanyaannya panjang, ini untuk tipe artikel tentang Kota, bisa juga tentang Cerita Mama topiknya bisa bervariasi (bisa berupa liputan, tips, atau cerita pengalaman lain), atau tentang “Berkeliling Di” suatu kota: yang berisi tempat-tempat yang direkomendasikan Ibu di suatu kota untuk tempat makan, belanja, sightseeing, dll.

Ada deadlinenya kah untuk mengisi jawaban interview?

Tidak ada, karena kami paham bagaimana kesibukan mamarantau dalam keseharian dengan anak, rumahtangga, dan aktualisasi diri. Silahkan mengisi jawaban saat mood dan waktunya pas.

Eh, tapi saya tidak pandai menulis, ga pede kalau harus disuruh menulis jawabannya.

Di sinilah fungsi editor..! 🙂 Tenang saja, baleslah jawaban seperti Ibu sedang berbicara dengan teman, sedang bercerita dengan seru tentang kehidupan di rantau.

Ada batasan berapa panjang halaman atau banyak kata untuk jawabannya gak?

Tidak ada batasan, bebas…! Tapi diharapkan tidak terlalu singkat, yang pasti kami berharap info yang dibagikan padat berisi bagi para pembaca.

Saya seorang mamarantau, tapi minder ah baca-baca pengalaman mamarantau lainnya..!

Tidak ada alasan untuk minder dalam hal apa pun, karena setiap mamarantau menghadapi kondisi berbeda dan kami yakin ada cerita-cerita seru yang dihadapi…! Apalagi di tempat asing yang berbeda kondisinya satu sama lain. Yuk, berbagi cerita 🙂

Untuk fotonya bagaimana?

Pengiriman foto bisa dikirim terpisah dalam attachment di email. Atau bisa dalam bentuk folder .zip, via dropbox atau sharing file di Google drive. Pastikan setiap file foto diberi nama dan caption yang diinginkan, serta posisi di dalam badan artikel (bisa berupa tulisan di artikel “insert foto no. 1 dengan caption _________”.

Saya tidak punya stock foto bagus, dan hampir semuanya dari handphone (bukan dari DSLR atau kamera lain), apakah tidak apa-apa?

Tentu tidak apa-apa, dua foto wajib adalah foto Ibu (untuk profile) dan foto sekeluarga (jika bisa, di kota yang saat ini ditempati). Sisanya adalah foto-foto pelengkap seputar suasana kota, transportasi umum, suasana sekolah, tempat bermain, public space, dll. Foto-foto lain bisa kami lengkapi dengan pencarian di Internet.

Saya ingin berkontribusi, tapi saya keberatan jika harus mencantumkan nama dan menampilkan foto anak dan keluarga. Bagaimana?

Kami paham akan privasi yang ingin dijaga, tidak apa-apa untuk nama dan non foto keluarga. Tapi kami tetap butuh foto Ibu dan nama Ibu untuk ditampilkan di situs kami sebagai narasumber .

Saya bukan mamarantau, tapi saya punya rekomendasi atau kenalan orang-orang yang cocok banget untuk bisa share di mamarantau.com. Bagaimana ya?

Silahkan isi di kontak kami yaa…! List nama orang-orangnya, dan jika ada blog atau media sosial lainnya dari mamarantau tersebut, mohon sertakan juga yaa.

Terima kasih..!

One thought on “Yang Sering Ditanyakan

  1. Amel says:

    Hi Mamarantau, salam kenal 🙂

    Saya Amel, saat ini tinggal di Kota Columbus, Negara Bagian Ohio, Amerika Serikat.
    Saya cukup sering berkunjung ke blog mamarantau, dan dari pengamatan saya, sepertinya belum ada tulisan mengenai kota Colu mbus ataupun negara bagian Ohio ya. Apabila tertarik utk mengetahui kehidupan disini, silakan hubungi saya 🙂

    Saya juga bisa memberikan cerita mengenai destinasi menarik dan unik di Amerika Serikat, misalnya markas Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang terletak di Florida, yang belum lama ini saya kunjungi bersama keluarga.

    Keep posting Mamarantau. Menarik sekali membaca cerita dari mama-mama hebat dari berbagai belahan dunia!

    Jabat erat,
    Amel 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s