Dana Yang Perlu Disiapkan Sebelum Merantau

Disamping mengurus visa, izin kerja, tempat tinggal, dan keberangkatan, penting bagi anda untuk menghitung dana yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat. Sebab diluar uang tiket, banyak sekali pengeluaran lainnya yang jika tidak dipersiapkan dengan baik dapat menyulitkan anda dan keluarga diperantauan nanti. Setelah berkonsultasi dan mengalaminya sendiri, berikut adalah beberapa tips yang kiranya bermanfaat bagi anda yang berencana untuk merantau.

sumber foto : kidspot.com.au

sumber foto : kidspot.com.au

1. Sewa Tempat Tinggal Bulan Pertama

Kuncinya adalah research. Di era internet seperti sekarang ini, berbagai macam informasi dari berbagai negara dapat dengan mudah anda temukan, termasuk harga sewa apartemen di kota yang anda tuju. Anda juga bisa membaca berbagai review apartemen dan neighborhood yang dapat menjadi bahan pertimbangan. Selain itu anda juga bisa meng-email pihak manajemen tempat tinggal tersebut untuk mendiskusikan iuran sewa per-bulannya. Kalau cocok, bisa langsung booking online, kalau belum cocok, setidaknya anda tahu kisaran sewa tempat tinggal di kota yang anda tuju itu berapa. Ingat, biasanya apartemen ada ‘security deposit’ atau iuran lainnya yang harus dibayarkan diawal. Tanya sejelas-jelasnya dan siapkan dananya.

2. Perabotan & Kebutuhan Dasar Rumah Tangga

Ini mencakup kasur, bantal dan selimut untuk tidur, 1 set piring dan gelas, tempat sampah, wajan (kenapa wajan? lihat poin 4) dan berbagai kebutuhan mendasar rumah tangga lainnya yang pasti akan anda butuhkan di bulan pertama. Ingat, list yang penting-penting saja. Alat-alat pelengkap seperti TV bisa menyusul di bulan berikutnya setelah anda mendapat gaji/ penghasilan pertama di perantauan. Sebulan sebelum berangkat, saya dan suami bahkan sudah mengecek harga-harga perabotan mendasar di website IKEA dan department store setempat untuk dijadikan patokan anggaran kami di kategori ini.

3. Transportasi

Mulai dari uang taksi/bus/kereta yang dibutuhkan setibanya di perantauan sampai uang transportasi  ke kampus atau ke kantor selama bulan pertama (atau minimal sampai dapat gaji pertama) sebaiknya sudah disiapkan sebelum berangkat. Lalu setelah gajian, anda bisa mulai menyisihkan uang untuk men-DP mobil pre-owned atau seken yang harganya jauh lebih terjangkau.

4. Makan/ Groceries Bulan Pertama

Aturlah anggaran untuk kategori ini dengan secukupnya saja. Kalau dihitung satu bulan pertama makan restoran setiap hari pasti anggarannya akan sangat mahal. Maka itu, mulailah ancang-ancang untuk memasak dirumah, jadi anggaran ini bisa difokuskan untuk membeli bahan-bahan dasar memasak dan bukan melulu untuk membeli ‘makanan jadi’ di restoran. Mulai research supermarket terdekat di daerah tempat tinggal/ kampus/ kantor suami dimana, kalau ada website-nya, anda bisa browsing harga-harganya untuk dijadikan patokan.

5. Emergency Fund

Dana ini dibutuhkan untuk kebutuhan-kebutuhan tidak terduga, seperti obat kalau tiba-tiba anda atau anak anda demam misalnya, dan lain sebagainya. Tidak perlu banyak-banyak, yang penting ada supaya tidak mengganggu dana yang sudah dianggarkan untuk 4 kategori penting diatas.

 

Mungkin kesannya ‘ribet’, tetapi lebih baik sedia payung sebelum hujan, bukan? Saya dan suami tiba di Dallas 7 bulan yang lalu dengan berbagai macam list yang sudah kami buat sebelumnya di Jakarta berdasarkan research di internet. Dan terbukti, meski tidak membawa uang yang banyak, semua pengeluaran bulan pertama kami efisien dan syukurnya, kami bahkan tidak perlu berhutang sama sekali (dengan kartu kredit sekalipun). Kalau kami bisa, anda juga bisa.

 

Advertisements

One thought on “Dana Yang Perlu Disiapkan Sebelum Merantau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s