Membuat SIM Amerika

ChicaPuti Ceniza Akbar (Chica) – has been living in New Bedford, Massachusetts, USA since 2010 with two sons and lifetime partner. She loves to volunteer at several local communities as well as running this site in her spare time.

“May I see your ID?” – adalah pertanyaan yang lumrah ditanyakan oleh pihak berkepentingan di sini. Tentu saja yang dimaksud sebagai “ID” atau identity document adalah sebuah dokumen yang mencantumkan nama lengkap, foto, tanggal lahir, alamat, dan tanda tangan. Kalau di Amerika, yang lumrah sebagai ID adalah SIM atau drivers license. Selain SIM, untuk yang non-driver bisa membuat State ID (hanya boleh pilih salah satu – state ID akan otomatis expired jika sudah punya SIM state setempat).

Kesalahan yang sering dilakukan sebagai international student atau expat dari Indonesia, adalah anggapan bahwa SIM Indonesia dan atau SIM internasional Indonesia bisa dipakai untuk nyetir di semua negara. Nyatanya tidak demikian…! Memang sih, kebanyakan SIM dari negara lain diakui oleh Amerika dan boleh dipergunakan selama setahun dari tanggal kedatangan ke Amerika (dan setiap kali re-enter ke Amerika). Tapi, tidak untuk Indonesia. Department of Motor Vehicle (DMV) mempunyai list resmi daftar negara-negara yang SIMnya diakui, dan di sana Indonesia gak termasuk. Hal ini perlu dicek juga di setiap Website resmi DMV/RMV (Registry of Motor Vehicle) untuk masing-masing state. Link yang saya sertakan di sini adalah untuk wilayah state Massachusetts.

Nah, karena SIM dari Indonesia (baik SIM biasa mau pun internasional) tidak diakui di Amerika. Sehingga, bisa dianggap kalau kita mengandalkan SIM Indonesia saja, artinya kita menyetir secara illegal. Dan menyetir illegal di Amerika agak berbahaya, karena dianggap sebagai pelanggaran berat! Gak mau khan dideportasi atau kena denda sekian ribu dollar hanya karena tidak tahu bahwa nyetir di sini illegal? Walaupun, dari pengalaman saya sendiri dan juga beberapa kenalan lain, mereka bisa dengan tenang melanglang buana hanya dengan berbekal SIM Indonesia dan tidak mengalami kendala apa-apa. Tapi ada baiknya, untuk ketenangan jiwa, marilah membuat SIM! Hehe.

Untuk dokumen yang perlu disiapkan sudah ada di sini. Tips: pastikan Anda punya surat penolakan Social Security Number jika memang tidak bisa mendapatkannya karena alasan visa (untuk visa non-kerja dan spouse dari student, atau visa F2 – tidak bisa mendapatkan SSN). Cara mendapatkan surat penolakan ini bisa langsung ke kantor SSN di masing-masing kota. Ingat ya, surat ini hanya berlaku selama 30 hari saja. Jadi setelah dapat surat, langsunglah urus Written Test.

Written test digunakan untuk mendapatkan Learner Permit. Nah, test ini sering dianggap gampang banget oleh sebagian besar orang, tapi buat saya sendiri, test ini SANGAT tricky karena sebagian besar berupa hafalan. Agak memalukan sih, karena saya gagal dua kali dalam written test x( Padahal biayanya lumayan! Sekali tes $30. Dan soal yang ditanyakan kalau Anda sudah baca di Driver’s Manual (bisa diunduh secara online atau pinjem ke library setempat), seharusnya bisa langsung pass. Soal testnya ada 25, dan harus benar 18 pertanyaan. Waktu test 30 menit. Tips: kalau ada pertanyaan yang tidak yakin, langsung di-skip saja. Karena kalau jawabannya salah, maka pertanyaan berikutnya tetap akan berkaitan dengan pertanyaan yang sebelumnya (resiko salah kembali lebih besar). Untuk belajar, coba isi tes latihan secara online.

Kalau Anda lulus dan mendapatkan learner permit, maka Anda akan diperbolehkan mengendarai mobil HANYA jika ada sponsor yang mendampingi. Yang dimaksud dengan sponsor adalah orang dewasa (> 21 tahun) yang sudah memiliki valid driver’s license dan berpengalaman menyetir minimal 1 tahun. Learner permit akan berlaku hingga 2 tahun. Dan dalam kurun waktu tersebut, Anda harus menjadwalkan road test (by online atau telepon). Tips: Butuh waktu agak lama untuk bisa daftar road test, bisa jadi 2-3 bulan dari kita menelpon. Jadi segera bikin jadwal untuk road test. Dan ingat, kalau mau cancel, minimal 3 hari sebelum test harus dicancel atau kita harus bayar $20 (dianggap ikut test dan gagal).

Road Test hanya akan memakan waktu 8- 15 menit. Walau pun Anda sudah biasa nyetir di Indonesia, jangan gegabah juga saat test ya dan jangan terlalu nervous juga. Saya dan suami yang sudah 6-8 tahun menyetir, ternyata masih harus mengulang road test karena gagal pada test yang pertama. Bahkan ada teman yang gagal hingga 3x, padahal dia sangat bagus sekali nyetirnya. Entah faktor si examinernya yang kelewat “jahat” atau faktor luck, atau tergantung kotanya… Pokoknya kalau di daerah New Bedford dan sekitarnya, rata-rata road test pertama gagal. Huhu. Yang akan diperhatikan saat test: hand signal (belok kiri, kanan, dan stop), kemampuan untuk: parallel parking, three point turn, memundurkan mobil secara lurus sejauh beberapa meter, menaati road sign, dll – untuk lengkapnya bisa baca di sini. Nah, kalau Anda memang tidak pernah punya SIM dan baru belajar nyetir, ada baiknya ambil kelas di Driving School kota setempat – kemungkinan besar Anda akan langsung guaranteed lulus test..!

Good luck! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s