Mencari Apartemen di Dallas

Pencarian tempat tinggal sebaiknya disesuaikan dengan tempat anda/suami bekerja/ belajar. Karena luasnya yang melebihi state lainnya di Amerika Serikat, kota-kota di Texas pada umumnya mengalami ‘urban sprawl’, yaitu penyebaran penduduk ke daerah-daerah yang jauh dari pusat kota, sehingga penggunaan transportasi umum sangat sulit, dan akhirnya pengunaan kendaraan pribadi merupakan sebuah ‘kebutuhan’ bahkan ‘keharusan’.

Tidak seperti di New York, yang gedung perkantoran dan apartemennya dapat dijangkau dengan mudah melalui subway dan bus, perumahan dan perkantoran di Texas khususnya di Dallas sangat menyebar. Dengan demikian, naik bus bahkan naik train (yang disebut dengan DART – Dallas Rapid Transit) bukanlah pilihan yang paling nyaman. Karena jarak dari train stop atau bus stop (halte) ke daerah perkantoran/ perumahan seringkali tidak dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Jadi mau tidak mau, anda harus memilihi kendaraan pribadi.

Sisi positif dari kondisi urban sprawl ini adalah : anda dapat memilih tinggal di daerah suburb yang lebih murah.

Sedikit sekali orang yang memilih tinggal di downtown. Kebanyakan keluarga, khususnya keluarga Asia memilih tinggal di daerah Plano & Carrollton. Disana terdapat banyak restaurant dan supermarket Asia bahkan Indonesia. Harga rumahnya pun masih terjangkau dan school district nya juga tergolong cukup baik.

Processed with VSCOcam with f2 preset

Saya pribadi memilih tinggal di daerah Irving tepatnya di Las Colinas. Selain berjarak hanya 10 menit dari kantor suami dan 15 menit dari pusat kota, Las Colinas memiliki banyak pilihan apartemen yang masih terjangkau ($930 untuk apartemen 1 kamar + 1 kamar kerja yang bisa dijadikan kamar tidur). Sedangkan di downtown, apartemen 1 kamar kini berkisar antara $1200 per bulannya.

Website seperti apartments.com dan zillow.com sangat membantu!

Sementara itu, Indomie, kerupuk, bumbu rendang — banyak sekali bahan makanan dan kebutuhan groceries a la Indonesia lainnya yang kita perlukan dari waktu ke waktu, tetapi tidak bisa ditemukan di supermarket biasa di Amerika. Maka itu berikut beberapa list supermarket & restoran yang menjual produk dan makanan Indonesia di Dallas, Texas.

Supermarket

Restoran

 

Advertisements

7 thoughts on “Mencari Apartemen di Dallas

  1. Rifi says:

    Halo mbak,
    Aku mau jalan2 ke Dallas nih… Boleh tanya sedikit ya?
    di H Mart barang indo-nya banyak gak?
    Secret Recipe halal gak ya?

    Makasih dan salam kenal :*

    Like

    • Debora Manusama-Sinaga says:

      Hi @rifi! Kapan jalan2 kesini? Banyak kok barang Indonya, kalau nggak ke HMart coba ke hong kong market atau 99 ranch. Secret recipe halal karena kan yg restoran malaysia 😉 ada juga namanya Hannie’s Chicken Rice di legacy drive, Plano kalau mau coba.

      Like

  2. istrinyabayu says:

    Baru sempet cek balesan. hihihi….

    Mau ke Dallas pas Spring Break nih (spring breaknya AR :P)

    Hong Kong Market itu yg di Walnut Dallas ya? Honestly I didnt like it. Daerahnya kayak kurang aman gitu yah… 😛
    Makasih infonya. coba2 ahhhh

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s