Pengurusan ID, Driver’s License, dan Social Security

Sesampainya di Amerika, mama dan keluarga harus segera melengkapi formulir ‘Lapor Diri’ dan mengirimnya ke Konjen/KBRI setempat. Setelah itu, mulailah mengurus kartu ID (identification, seperti KTP), Driver’s License (SIM), & Social Security. Untuk lebih jelasnya, berikut kami jabarkan detail-nya :

1. Identification (ID) Card

ID

Pada umumnya, ID card dikeluarkan oleh kantor DPS (Department of Public Safety) atau DMV (Department of Motor Vehicle) di kota tempat anda merantau. Meski tiap State memiliki ketentuan dan peraturannya masing-masing,  ada beberapa kriteria dan syarat yang mutlak harus anda penuhi untuk mendapatkan kartu ID & Driver’s License, yaitu :

  • Memiliki paspor/ SIM dari negara asal
  • Memiliki bukti U.S. Lawful Presence : bukti bahwa anda memegang status permanent resident (Form I-551 / green card) / I-94 stamped “Approved I-551” pada paspor/ I-94 stamped “Processed for I-551” pada paspor/ Form I-327 / form I-94 dengan anotasi “Section 207” atau “refugee” pada paspor/ memiliki Refugee Travel Document (Form I-571)
  • Memiliki bukti residency di state setempat, seperti : surat leasing (sewa) apartment/rumah yang ditempati, tagihan listrik/ air/ tv cable/ telpon non-seluler yang tertanggal dalam kurun waktu 90 hari dari tanggal pendaftaran kartu ID, kartu asuransi mobil (bila ada), transkrip nilai dari universitas/sekolah tempat belajar saat ini, tagihan kartu kredit/debit yang tertanggal dalam kurun waktu 90 hari dari tanggal pendaftaran kartu ID, dll.

2. Driver’s License

SIM Indonesia anda hanya berlaku hingga 90 hari sejak kedatangan anda di kota rantauan. Maka itu, ada baiknya mengurus sim sebelum jatuh tempo, agak anda tidak terkena hukuman “driving with expired license” bila diperiksa petugas lalu lintas. Berikut urutan mekanisme pendaftaran DL pada umumnya di U.S :

  • Menyiapkan dokumen2 diatas (seperti untuk mendaftar ID card)
  • Mengisi formulir online lalu membawanya kantor DMV/DPS terderkat (form juga tersedia di tiap kantor DPS/DMV)
  • Membayar biaya pembuatan DL
  • Booking jadwal written knowledge test (di beberapa state, booking jadwal bisa dilakukan online & latihan soal2 untuk written test gratis bisa anda dapatkan via google)
  • Lulus written knowledge test
  • Booking jadwal driving test (bisa online) atau langsung test dengan melakukan ‘walk-in’ (usahakan datang paling pagi, biar kebagian giliran). Pastikan kendaraan yang anda gunakan untuk test berfungsi dengan baik & anda membawa kartu asuransi mobil anda.
  • DL akan dikirim melalui post dalam 10 hari kerja setelah anda lulus driving test

3. Social Security

Screen shot 2014-09-22 at 3.36.20 PM

Social Security adalah salah satu dokumen terpenting untuk anda yang merantau ke Amerika Serikat. Nomor yang tertera pada kartu Social Security (a.k.a Social Security Number) biasanya diminta saat membuka rekening di bank, membeli mobil, dan bahkan saat melamar pekerjaan. Social Security adalah program pajak pemerintah dengan sistim pay-as-you-go, untuk mensejahterakan warga pensiunan, warga yang cacat fisik, dan atau keluarga mereka.

Social security wajib dimiliki oleh worker, employer, dan mereka yang self-employed (wirausaha). Kartu social security wajib dimiliki baik orang dewasa maupun anak-anak. Untuk lebih jelasnya, baca disini.

Bagaimana dengan international students? Silahkan download pdf-nya disini atau baca di website resmi SSA.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s